Pengujian Geser Panel Komposit Lapis Anyaman Bambu Menggunakan Limbah Beton Sebagai Bahan Agregat dengan Variasi Jarak Shear Connector dan Agregat Campuran

Mohammad Taufik Hidayat

Abstract


Panel lapis gedek merupakan komposit dengan jenis bahan yang berbeda yaitu lapis gedek danlapis beton tanpa pasir. Panel lapis gedek terdiri dari tiga lapis gedek, ditengah-tengahnya diisi beton tanpapasir. Dari penggunaan panel lapis gedek ini akan diperoleh keuntungan yaitu : ringan, murah, tahan gempa,tahan angin dan tahan api. Untuk menggabungkan antara lapis gedek dan beton tanpa pasir diperlukanadanya penghubung yaitu shear connector. Dalam panel lapis gedek ini agregat kasar diperoleh dari limbahbeton yang dihancurkan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh limbahbeton dengan variasi jarak shear connector dan agregat campuran terhadap kuat geser panel lapis gedek padasaat retak pertama. Luaran yang diharapkan dengan digantikannya pasir dan kerikil dengan limbah beton,bisa mengurangi berat sendiri panel dengan kekuatan sama atau lebih bila dibandingkan dengan panel dengankomponen spesi yang terdiri dari semen, pasir, air. Selanjutnya juga akan dihitung kuat geser panel lapisgedek dengan variasi jarak shear connector 10 cm dan 15 cm dan agregat kasar dengan perbandingancampuran yaitu 1 : 3 dan 1 : 4. Benda uji yang digunakan adalah panel lapis gedek dengan ukuran (80x50)cm dan ketebalan 3 cm, yang diberi beban terpusat pada bentang tengah. Asumsi tumpuan adalah sendi-rol.Dalam analisis ini diasumsikan panel sebagai balok tinggi. Pada balok tinggi tegangan geser maksimumterjadi pada kondisi 0,4h dari serat bawah.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada pengujian pelat lapis anyaman bambu (gedek) denganvariasi jarak shear connector dan agregat campuran menunjukkan adanya pengaruh jarak shear connectorterhadap kekuatan geser tetapi bernilai negatif, karena makin kecil jarak shear connector ternyata makin kecilbeban yang ditahan. Jarak shear connector juga berpengaruh terhadap kerapatan agregat pada panel. Hal inidibuktikan dengan analisa statistik dan memberikan kesimpulan bahwa variasi agregat tidak berpengaruhterhadap kekuatan geser pelat lapis gedek.

 


Keywords


anyaman bambu; limbah beton; panel komposit; shear connector

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.