Studi Karakteristik dan Model Pemilihan Moda Angkutan Mahasiswa Menuju Kampus (Sepeda Motor atau Angkutan Umum) di Kota Malang

Ludfi Djakfar, Amelia Kusuma Indriastuti, Akhmad Sya’ban Nasution

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia modern. Dalam pemenuhan kebutuhan  akan pendidikan khususnya pendidikan formal, terjadilah pergerakan untuk mencapai sekolah ataupun  kampus yang ada. Pergerakan sendiri membutuhkan moda angkutan sebagai sarana untuk bergerak.  Pemilihan moda angkutan bervariasi berdasarkan tingkat kepuasan yang ditawarkan tiap moda angkutan.  Studi ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengguna, karakteristik pergerakan, dan karakteristik  fasilitas moda angkutan mahasiswa menuju kampus, serta membuat model pemilihan moda angkutan  mahasiswa menuju kampus antara sepeda motor dan angkutan umum.

Lokasi penelitian yaitu universitas dan perguruan tinggi di wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota  Malang. Universitas dan perguruan tinggi tersebut adalah :Universitas Brawijaya, Universitas Negeri  Malang, Institut Teknologi Nasional, Universitas Islam Malang, Politeknik Negeri Malang, Universitas  Gajayana Malang dan Universitas Islam Negeri Malang. Metode yang digunakan adalah metode  wawancara dalam bentuk kuisioner yang disebarkan pada mahasiswa. Analisis data yang digunakan  adalah statistik deskriptif dan model binary logistik karena hanya ada dua pilihan alternatif moda dalam  studi ini yaitu angkutan umum dan sepeda motor.

 


Keywords


mahasiswa; sepeda motor; angkutan umum; analisis regresi binary logistik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.