Pengaruh Penambahan Phyropilit Terhadap Kuat Tekan Beton

Retno Anggraini

Abstract


Phyropilit merupakan material dengan kandungan silika yang tinggi. Khususnya  phyropilit daerah Malang Selatan kandungan silikanya mencapai 85 %, dengan ukuran  butiran dan volume pori yang cukup kecil. Sementara salah satu penentu kekuatan beton  adalah kandungan silika, ukuran material pengisi dan kandungan pori yang kecil.  Kemungkinan phyropilit untuk dapat digunakan sebagai material tambahan dalam beton  perlu diketahui melalui penelitian yang spesifik, yaitu bagaimana pengaruh penambahan  phyropilit terhadap kuat tekan beton.

Dengan metode pengujian benda uji dilaboratorium dan melakukan analisa regresi  dapat diketahui hubungan yang terjadi antara penambahan phyropilit dengan kuat tekan  beton. Pembuatan benda uji dilakukan dengan menambahkan phyropilit dengan variasi 0,  5, 10, 15, dan 20 % dari berat semen yang digunakan dalam campuran beton dengan mutu  fc’ 25 Mpa. Sementara ukuran butiran phyropilit yang digunakan adalah phyropilit lolos  ayakan no.50. Dari hasil pengujian tekan pada benda uji sejumlah 51 sampel berbentuk  silinder 15 X 30 cm, dilakukan analisa regresi untuk mengetahui persamaan hubungan  antara penambahan phyropilit dengan kuat tekan beton.

Dari hasil penelitian terlihat bahwa setiap penambahan variasi phyropilit mulai dari  5, 10 , 15 , dan 20% terjadi peningkatan kuat tekan dengan besar peningkatan yang  bervariasi mulai 5% hingga 42 %. Dimana penambahan phyropilit 15 % menghasilkan  kenaikan kuat tekan terbesar daripada variasi lain yaitu 42%. Dari persamaan regresi yang  terbentuk yaitu -0.00376x4 + 0.1182 x3 – 0.9676 x2 + 3.3539 x + 3E-11, terlihat bahwa  nilai optimum penambahan phyropilit adalah 16,5%. Hal ini menunjukkan bahwa  penambahan phyropilit terhadap beton erat hubungannya dengan peningkatan kekuatan  tekan beton. Kandungan silica yang tinggi pada phyropilit merupakan penyebab kekuatan  beton menjadi meningkat. Selain itu ukuran butiran phyropilit yang cukup kecil mampu  menutup pori yang ada pada beton, sehingga meningkatkan kepadatan dan kuat tekan  beton. Dengan kondisi ini diharapkan pemanfaatan phyropilit dikembangkan khususnya  dibidang teknologi beton sehingga mendukung program pemerintah di sector  pertambangan.

 


Keywords


Kuat tekan; beton; phiropilit; silica; ukuran butir; volume pori

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.