SEMARANG INTEGRATED BOAT RAPID TRANSIT : KAJIAN PENERAPAN TRANSPORTASI SUNGAI DI KOTA SEMARANG

Moh Nur Sholeh, Robert Fanny Al Firdaus, Dimas Sukma Adiputra, Sayekti Laras Hidayati

Abstract


Kota Semarang menjadi kota dengan jumlah penduduk yang terus meningkat. Saat ini Kota Semarang mempunyai banyak permasalahan, beberapa diantaranya adalah buruknya transportasi umum dan kemacetan. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus menyediakan transportasi umum yang layak untuk masyarakat. Oleh karena itu untuk memecahkan permasalahan tersebut diperlukan suatu inovasi. Semarang Integrated Boat Rapid Transit atau Siborat adalah bentuk inovasi transportasi sungai yang diharapkan ramah dan efisien serta terintegrasi dengan transportasi lainnya. Siborat ini digunakan di sungai Banjir Kanal Timur Semarang yang menghubungkan wilayah Semarang Tengah hingga Semarang Utara. Saat ini, sungai Banjir Kanal Timur digunakan untuk mengalirkan air dari tengah kota ke Laut Jawa dan sebagai bagian dari pengendalian banjir di Kota Semarang. Diharapkan dengan Siborat ini masyarakat tidak perlu untuk menempuh jarak waktu yang lama dan mengurangi kemacetan di kota Semarang serta dapat menciptakan transportasi umum yang murah dan efisien.

Keywords


boat; integrated; sungai; transportasi

Full Text:

PDF

References


B. Sitorus and T. I. H. Sitorus, “Dukungan Transportasi Logistik Dan Daya Saing Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean,” J. Manaj. Transp. Dan Logistik, vol. 4, no. 2, p. 137, 2017.

A. Reseda, S. Darsono, and Suharyanto, Kajian Efektifitas Pengendalian Banjir di DAS Garang. Magister Teknik Sipil Universitas Diponegoro, 2012.

A. Ma’rruf, A. S. Graha, Salamun, and Ismiyati, “Pengembangan Sungai Banjir Kanal Timur Semarang,” J. Karya Tek. Sipil, vol. 4, no. 4, pp. 107–120, 2015.

M. N. Sholeh, “Aplikasi Rantai Pasok: Pengadaan Material Konstruksi Antar Pulau,” Proceeding SENDI_U, pp. 978–979, 2015.

Badan Pusat Statistik, “Kota Semarang dalam Angka 2016,” 2017.

S. Rahma, D. A. Wijayanti, Ismiyati, and Djoko Purwanto, “Penyediaan Transportasi Umum Masa Depan Di Kota Semarang,” J. Karya Tek. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 154–166, 2014.

P. Faktor et al., “Parking di Kawasan Tunjungan dan Blauran Kota Surabaya,” vol. 7, no. 2, 2018.

E. Wahyono, B. T. Yuda, and D. Marihandono, Pelayaran Perintis dalam Integrasi Nasional dan Perkembangan Daerah Perbatasan, Terpencil, dan Tertinggal 1974-2012. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.rekayasasipil.2019.013.03.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.