Evaluasi Kinerja Waktu Tempuh Kereta Api Segmen Bojonegoro - Kandangan

Authors

  • Ari Wibowo Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Achmad Wicaksono Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Ludfi Djakfar Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Keywords:

simulasi, profil kecepatan, waktu tempuh, keterlambatan, jadwal

Abstract

Kereta api merupakan moda yang memiliki karakteristik dan keunggulan khusus. Beberapa keunggulan dari kereta api adalah kemampuannya dalam mengangkut baik penumpang maupun barang secara massal, hemat energi, hemat dalam penggunaan ruang, memiliki faktor keamanan yang tinggi, tingkat pencemaran yang rendah, serta lebih efisien untuk angkutan jarak jauh. Namun sampai saat ini masih terjadi masalah utama dalam hal kinerja yang tercermin dalam waktu keterlambatan, dan indikator utamanya adalah kecepatan dan waktu tempuh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melakukan optimasi waktu tempuh dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mungkin menjadi penyebab keterlambatan dari segi sarana dan prasarana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi profil kecepatan dengan menggunakan program atau software yang dikembangkan berdasarkan persamaan pergerakan dinamik Newton dan diaplikasikan di wilayah Daop 8 Surabaya koridor Bojonegoro - Kandangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tempuh kereta Kelas Executif Argo lebih cepat 2,11 menit, untuk kelas Executive Satwa lebih cepat 12 menit, untuk kelas Bisnis lebih cepat 14 menit, untuk kelas Ekonomi lebih cepat 11 menit. Sedangkan pertambahan stamformasi kereta 1 sampai dengan 5 kereta secara umum menambah 0,008 – 2,076 menit . 

Downloads

Published

2015-06-22

How to Cite

Wibowo, A., Wicaksono, A., & Djakfar, L. (2015). Evaluasi Kinerja Waktu Tempuh Kereta Api Segmen Bojonegoro - Kandangan. Rekayasa Sipil, 9(1), pp.74–80. Retrieved from https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/300

Issue

Section

Articles