Pengaruh Posisi Beban Terhadap Tegangan Dan Rotasi Batang Tepi Bawah Jembatan “Boomerang Bridge”

Authors

  • Ari Wibowo Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Devi Nuralinah Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Wisnumurti Wisnumurti Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Erwin Widya A. Program Sarjana Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Keywords:

Tegangan, Regangan, Gaya batang, Rotasi

Abstract

Jembatan “Boomerang Bridge†merupakan Jembatan model rangka baja yang memperoleh penghargaan Juara I dalam Kompetisi Jembatan Indonesia ke-9 Tahun 2013. Terdapat perbedaan nilai lendutan antara perencanaan dengan kondisi lapangan, sehingga dilakukan penelitian juga pada variabel lain yaitu tegangan batang dan rotasi batang tepi bawah. Tahap pertama yaitu uji elastisitas baja dengan bahan yang sejenis dengan profil rangka. Nilai elastisitas yang diperoleh sebesar 183.102,5 MPa. Tahap selanjutnya adalah perhitungan teoritis dan hasil pengujian untuk mendapatkan nilai regangan, gaya batang, tegangan, dan rotasi batang. Perbedaan antara perhitungan teoritis dengan pengujian dinyatakan dalam persentase perbandingan. Perbandingan nilai tegangan dari hasil perhitungan teoritis dan pengujian yaitu seperempat bentang dekat tumpuan sendi sebesar 8,922%, di tengah bentang sebesar 5,476%, dan seperempat bentang dekat tumpuan rol sebesar 7,522%. Perbandingan rotasi teoritis dengan pengujian didapatkan nilai persentase sebesar 22,365% dan sama di berbagai posisi pembebanan. 

Downloads

Published

2015-02-04

How to Cite

Wibowo, A., Nuralinah, D., Wisnumurti, W., & A., E. W. (2015). Pengaruh Posisi Beban Terhadap Tegangan Dan Rotasi Batang Tepi Bawah Jembatan “Boomerang Bridge”. Rekayasa Sipil, 8(2), pp.142–145. Retrieved from https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/277

Issue

Section

Articles