Kajian Kinerja Angkutan Umum dengan Metode Qualify Function Deployment (QFD) pada Kawasan Industri Marmer di Kabupaten Tulungagung
Keywords:
colt/elf, kinerja, pelayanan, quality, QFDAbstract
Tujuan kajian ini adalah mengetahui karakteristik penumpang dan pelayanan angkutan umum, mengevaluasikinerja rute angkutan umum, dan membuat rekomendasi penataan angkutan umum di Kawasan IndustriMarmer dengan memperhatikan tingkat pelayanan terhadap penumpang di Kabupaten Tulungagung. Metodeanalisis adalah deskriptif kualitatif mengenai karakteristik penumpang dan pelayanan angkutan umum,analisa kinerja rute, pelayanan lalu lintas dan metode QFD (Quality Function Deployment). Diketahui bahwakarakteristik sosial ekonomi penumpang angkutan umum di kawasan industri marmer 70% perempuan, 40%bekerja lain-lain, dan 40% dengan tingkat penghasilan > 2.000.000. Karakteristik Spasial di kawasan industrimarmer, mayoritas 40% pelayanan sangat tidak nyaman, 30% berasal dari rumah, 20% berasal dariKecamatan Pakel, 34% menuju tempat wisata, 22% menuju Kecamatan Tanggunggunung, 40% maksudbekerja, 40% lewat kawasan industri marmer pukul 07.00 – 09.00. Hasil evaluasi kinerja rute, kecepatan rataratasegmen 1 rute Campurdarat – Besuki 12,81 km/jam sedangkan rute Besuki – campurdarat yaitu 10,87km/jam, pada segmen 2 rute Campurdarat – Besuki 12,74 km/jam dan rute Besuki – Campurdarat 10,84km/jam. Load Factor dari kedua rute dengan nilai 54,84% dan 51,11%. Headway rute Campurdarat – Besukihari selasa 40,91 menit, hari kamis 39,66 menit, hari minggu 26,41 menit sedangkan rute Besuki –Campurdarat hari selasa 36,60, hari kamis 37,78 menit, hari minggu 31,38 menit. Tingkat pelayanan jalansegmen 1 hari selasa 0,48, hari kamis 0,40, hari minggu 0,54 sedangkan segmen 2 hari selasa 0,44, harikamis 0,36 dan hari minggu 0,51. Rekomendasi bagi perbaikan pelayanan angkutan umum pada kawasanindustri marmer adalah Perbaikan headway angkutan, Mempertahankan kinerja operasional seperti kecepatanrata-rata sesuai dengan standarnya, Perbaikan tingkat pelayanan jalan dan Perbaikan tingkat pelayananangkutan demi kenyamanan dan keselamatan penumpang.
Â
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License