Pengaruh Penambahan Fly Ash pada Self Compacting Concrete (SCC) Terhadap Kuat Tekan dan Modulus Elastisitas

Wahyu Kartini

Abstract


Teknologi beton baru yang efektif dan efesien yaitu beton yang dapat memadat sendiri atau self compacting concrete (SCC). Material yang digunakan mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda dari beton konvensional, yaitu pengurangan jumlah dan diameter maksimum agregat kasar, penambahan jumlah agregat halus, penambahan bahan halus (fines) yang berfungsi untuk meningkatkan dan memelihara kohesi, mengurangi panas hidrasi dan sebagai pelumas sehingga dapat meningkatkan flowability dan workabilitynya. Dan admixture yang digunakan berjenis high range water reducer (HRWR) yang bersifat mengurangi air.

Pada penelitian SCC ini menggunakan faktor air semen 0,41, penambahan fines berupa fly ash dengan dosis 0%, 10%, 20%, 30% dan 40% dari berat binder dan admixture Viscocrete-10 dengan dosis 1% dari berat binder. Untuk mengetahui kriteria SCC maka dilakukan pengujian workability dan flowability dengan menggunakan alat slump cone test dan L-shaped box test. Untuk mengetahui tingkat kuat tekan beton dilakukan tes kuat tekan pada tiap-tiap komposisi campuran pada umur 7, 28 dan 56 hari dengan benda uji silinder. Dan sebagai tolak ukur kekakukan beton terhadap deformasi yang dipengaruhi oleh modulus elastisitas material, maka dilakukan pengujian nilai elastisitas pada umur 28 hari.

Dari pengujian mengengenai workability dan flowability dapat diketahui bahwa semakin banyak fly ash yang digunakan maka semakin menurun tingkat workability dan flowabilitynya. Pada pengujian kuat tekan dan modulus elastisitas beton dapat diketahui bahwa pengaruh fly ash yang paling efektif pada kadar 10 % dari berat binder dan menghasilkan kuat tekan umur 28 hari sebesar 755,81 kg/cm2 dan umur 56 hari sebesar 801,11 kg/cm2, dan nilai modulus elastisitas beton sebesar 42194,62 Mpa.

 


Keywords


self compacting concrete; flowability; workability; kuat tekan; modulus elastisitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.