Pengaruh Prosentase Pasir pada Kaolin yang Dipadatkan dengan Pemadatan Standar Terhadap Rasio Daya Dukung California (CBR)

Authors

  • Arief Rachmansyah Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Harimurti Harimurti Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Farindra Dwi Laksana Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Keywords:

pemadatan, daya dukung, pasir

Abstract

Pemadatan merupakan metode yang sering digunakan untuk memperbaiki kondisi tanah yang sifat-sifatnya sangat jelek, Selain itu juga dapat dilakukan dengan menambah material sehingga mempertinggi nilai daya dukung tanah.Pada penelitian ini difokuskan pada pengaruh penambahan pasir dengan variasi kadar air pemadatan terhadap nilai CBR pada tanah kaolin. Prosentase penambahan pasir yang dipakai 0 %, 20 %, 40 %, dan 60 % terhadap berat campuran tanah, sedangkan variasi kadar air yang dipakai berada disekitar nilai OMC yaitu : - 10 %, -5 %, 0%, (OMC) dan + 5 % dari nilai OMC.Hasil akhir penelitian ini memperlihatkan bahwa dengan adanya penambahan prosentase pasir maka nilai CBR-nya akan meningkat. Penambahan pasir akan berpengaruh pada perubahan kadar air optimum dan berat isi kering. Semakin banyak jumlah pasir yang ditambahkan akan menyebabkan semakin sedikit jumlah air yang dibutuhkan untuk mencapai berat isi kering maksimum. Penambahan kadar air akan berpengaruh terhadap perubahan nilai CBR campuran tanah. Dengan ditambahkannya jumlah air maka nilai CBR dari campuran tanah tersebut akan menjadi kecil, demikian juga sebaliknya semakin sedikit kadar air nilai CBR akan bertambah besar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan prosen pasir dan pengurangan kadar air dapat meningkatkan nilai CBR tanah. 

Downloads

Published

2012-05-22

How to Cite

Rachmansyah, A., Harimurti, H., & Laksana, F. D. (2012). Pengaruh Prosentase Pasir pada Kaolin yang Dipadatkan dengan Pemadatan Standar Terhadap Rasio Daya Dukung California (CBR). Rekayasa Sipil, 2(3), pp. 193–204. Retrieved from https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/127

Issue

Section

Articles