Pengaruh Penggunaan Akselerator Megaset Merah di Bawah Dosis Optimal Terhadap Kuat Tekan Beton dengan Berbagai Variasi Umur Beton

Wisnumurti Wisnumurti, Ristinah Syamsuddin, Yeanette Andita Puteri

Abstract


Akselerator adalah suatu jenis aditif tipe C yang bekerja dengan mempercepat waktu  pengikatan dan pengerasan beton, sehingga dapat memberikan kuat tekan yang tinggi pada  umur awal beton. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi  penggunaan bahan tambahan akselerator Megaset Merah di bawah dosis optimum dan  variasi umur beton terhadap kuat tekan beton. Sering lemahnya kontrol terhadap  penambahan dosis akselerator, yang dapat disebabkan karena pengadukan molen yang  tidak rata ataupun karena keperluan untuk menekan biaya konstruksi, menyebabkan  penambahan dosis akselerator tersebut tidak sesuai dengan dosis optimal yang ditetapkan  oleh pembuat bahan aditif ini. Sehingga apabila akselerator tersebut digunakan di bawah  dosis optimal, akan menyebabkan tidak tercapainya kekuatan tekan beton pada umur 7 hari  yang diharapkan akan sama kekuatannya dengan umur 28 hari. Akibat tersebut akan dapat  menyebabkan keruntuhan pada bagian – bagian struktur yang ada.

Dari hasil analisis varian 2 arah dapat dibuktikan adanya interaksi antara  penambahan akselerator terhadap silinder beton kurang dari dosis yang optimum dan umur  pengujian beton yang berpengaruh terhadap kuat tekan beton.

Dari hasil pembahasan penelitian terdapat pengaruh penambahan Akselerator  Megaset Merah di bawah dosis optimum dan umur pengujian beton terhadap penurunan  kuat tekan beton; pada umur pengujian 7 hari, penambahan akselerator 0,5% akan  menyebabkan penurunan kuat tekan beton sebesar 25% dari kuat tekan beton normal.

 


Keywords


akselerator; kuat tekan beton; umur beton

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.