Monitoring Proyek Dengan Metode Monte Carlo Pada Durasi Pekerjaan (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang)

Authors

  • Saifoe El Unas Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Achfas Zacoeb Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • M. Hamzah Hasyim Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • M. Azharul Fikri Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.rekayasasipil.2016.010.02.09

Keywords:

Monte Carlo, manajemen proyek, tracking, penjadwalan, monitoring

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan simulasi Monte Carlo pada durasi pekerjaan optimis, paling disukai, dan pesimis hasil survey pada pihak kontraktor Gedung Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Simulasi pada penelitian ini menggunakan software @Risk dan distribusi data yang di gunakan adalah distrubusi triangular. Durasi pekerjaan hasil simulasi Monte Carlo kemudian digunakan untuk melakukan penjadwalan menggunakan software Microsoft Project Professional. Sehingga di dapatkan jadwal dan kurva S hasil simulasi Monte Carlo yang selanjutnya akan di analisis dan dibandingkan dengan jadwal dan kurva S dari proyek. Adapun analisis dilakukan dengan cara monitoring dan tracking dan membandingkan monitoring proyek dengan bobot biaya seperti pada umumnya dan monitoring dengan bobot durasi proyek. Hasil dari monitoring yang di lakukan pada penelitian kali ini terdapat perbedaan penjadwalan pada total durasi pekerjaan yakni durasi rencana proyek selama 192 hari dan durasi hasil simulasi Monte Carlo selama 216 hari. Berdasarkan simulasi Monte Carlo yang dilakukan diketahui probabilitas jadwal rencana proyek sebesar 30 % dan untuk jadwal hasil simulasi adalah sebesar 80 %. Dengan monitoring proyek menggunakan bobot durasi lebih mengetahui kemungkinan keterlambatan proyek dan dapat mengamati aktivitas kritis yang ada. 

Downloads

Published

2017-02-14

How to Cite

El Unas, S., Zacoeb, A., Hasyim, M. H., & Fikri, M. A. (2017). Monitoring Proyek Dengan Metode Monte Carlo Pada Durasi Pekerjaan (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang). Rekayasa Sipil, 10(3), pp.241–249. https://doi.org/10.21776/ub.rekayasasipil.2016.010.02.09

Issue

Section

Articles